Rabu, 24 Agustus 2016

Daerahku

Image result for kota kediri
Kota Kediri adalah kota dari provinsi jawa timur, Indonesia. Kota Kediri memiliki urutan nomor 3 setelah kota Surabaya dan malang dilihat dari segi jumlah penduduknya. Kota Kediri itu memiliki sungai besar yaitu sungai Berantas, dan kota Kediri juga memilikin pabrik industry seperti pabrik rokok, dan pabrik gula. Kota Kediri juga memilik budaya, makanan khas, dan ciri khas .
Dari makanan khas kota Kediri selain Tahu Poo yaitu Gethuk Pisang. Makanan ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kota Kediri dan makanan itu sangat terkenal sekali di Kota Kediri karena selain rasa yang enak, getuk pisang juga ada keunikan tersendiri dibandingkan getuk lainnya. Yang menjadi keunikan yaitu getuk pisang itu dibungkus dengan dau pisang seperti lontong dan berbentuk bulat lonjong. Rasa makanan itu asam dan manis.
Kota Kediri memang juga terkenal budayanya yaitu Tari Jaranan. Tari Jaranan adalah tari yang diiringi oleh beberapa sinden dan tari tersebut memakai gaib seperti kesurupan, dll. Banyak kalangan remaja menyukai tari tersebut karena tari tersebut memiliki atraksi-atraksi banyak.
Selain budaya dan makanan khas, kota Kediri juga mempunyai cirri khas tersendiri yaitu monument SLG(Simpang Lima Gumul). Monument ini sangat familiar karena dari segi bangunannya seperti kubus dan itu juga sama seperti di Negara perancis. Monument ini sangat megah dan besar, memiliki 3 tangga, dan pemandangan dilihat dari atas monument itu sangat indah. Luas monument itu sekitar 804 meter persegi. Tempat itu sangat digemari para kalangan remaja karena tempat itu memang bagus buat berlibur.

Daftar pustaka :klik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar